xerangalam.com – Cara Memperbaiki Batrai Laptop Tidak bisa di Charge, keluhan salah seorang user yang membawa laptop nya ketempat kerja saya pada saat itu. Keluhan dari user tersebut ialah laptop tidak bisa di charge dan langsung mati ketika chargernya di cabut. Perlu analisa yang tepat untuk mengatasi kerusakan laptop plugin not charging alias laptop tidak bisa di charge.

Permasalahan laptop plugin not charging memang sering sekali terjadi pada sebuah laptop, tentu itu sangat mengganggu bagi pengguna laptop tersebut, apalagi bila tidak ada stop kontak saat menggunakan laptop tersebut. Karena hal tersebut menyebabkan laptop mati jika tidak tersambung dengan chargernya.

Kerusakan laptop tidak bisa ngecas ada dua versi, kerusakan yang umum biasanya batrai consider atau pun batrai selalu nol persen ketika dicas, tapi ada permasalahan yang memang jarang saya temui, seperti pada kasus yang dialami user saya ini, ketika saya periksa, indikator cas di desktop menunjukkan seperti sedang di charger, tapi terdapat tulisan Not Charging, selain itu, daya batrai pun terdeteksi sebesar 86% namun tidak berubah sama sekali, baik bertambah, ataupun berkurang.

Penyebab Batrai Laptop Tidak Bisa Dicharge

Permasalahan batrai laptop yang tidak bisa di cas ada beberapa macam, penyebab nya bisa dari charger, mesin laptop ataupun batrai laptop itu sendiri.

Charger Error

Faktor pertama yang bisa menyebabkan batrai laptop tidak bisa dicas ialah charger laptop error atau rusak, kejadian ini pernah saya temui di laptop asus x200ca, pada saat itu, laptop tidak mau ngisi saat konektor charger ditancapkan pada laptop, selain itu, terdengar bunyi “cleret-cleret” pas konektor charger nancap di laptop, hal lainnya charger laptop terasa panas sekali. Diagnosa saya ada komponen yang mengalami kerusakan pada scharge laptop, bisa juga ada elco yang kembung.

Batrai Laptop Drop atau Bocor

faktor kedua yang bisa menyebabkan batrai laptop tidak bisa terisi ialah batrai drop atau bocor, perlu kamu ketahui, batrai laptop menggunakan beberapa batrai seri 18650 yang digabung menjadi satu, sehingga setiap cell cell batrainya sangat berpegaruh terhadap performa batrai laptop  itu sendiri, Jika ada sala satu cell batrai tersebut yang rusak, tidak menjadi masalah yang berarti karena laptop masih bisa dicharge dan masih bisa digunakan, lain hal jika semua batrai tersebut rusak, itu menyebabkan batrai tidak terdeteksi oleh sistem laptop, baik windows 7, 8, mapun windows 10. Sehingga windows menampilkan indikatoir batrai consider.

Mesin Laptop Rusak atau Error

mesin laptop rusak atau error menjadi penyebab sebuah laptop tidak bisa dicharge, dan laptop mati ketika charger di cabut, biasanya ic charge lah yang menjadi penyebab laptop tidak bisa dicharge. Ic ini terletak dibagian mainboard laptop, tepatnya didekat konektor charger.

Kesimpulan

itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan sebuah laptop tidak bisa dicharge, ataupun batrai laptop tidak terisi saat dicharge, kamu bisa mencoba mengganti charger ataupun batrai untuk mengatasi kerusakan laptop tidak bisa ngecas. Tapi kalau memang kamu tidak mau mengambil resiko untuk membeli cas ataupun batrai, kamu bisa membawanya ketempat service laptop langgananmu. Semoga bermanfaat sob

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here