xerangalam.com – Cara Install Windows 10 di Harddisk GPT tanpa Format Ulang Semua Partisisinya. Tentu sangat memusingkan bila kita ingin menginstall windows di laptop tapi saat di bagian partisi tidak bisa di next karena muncul pesan error seperti gambar dibawah.
tapi lain halnya kalau harddisk tidak muncul pesan eror seperti dibawah, tapi tetap saja tidak bisa dipartisi, itu tandanya ada kerusakan pada harddisk yang menyebabkan harddisk tidak bisa dipartisi saat instalasi

Pesan Error drive GPT saat akan dipartisi

saat ini, format harddisk memang sudah berubah, jika di dulu harddsik komputer ataupun laptop formatnya MBR, untuk saat ini format Harddisk berubah menjadi GPT, itu sering ditemukan pada laptop keluaran terbaru. Mungkin banyak dari sobat bertanya-tanya mengapa harddisk dirubah menjadi GPT partition style, karena GPT mempunyai beberapa kelebihan yang memang sangat dibutuhkan pada masa ini.

Kelebihan GPT (Guild Partition Table)

berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan bila kamu menggunakan harddisk berformat GPT

Kapasitas Lebih Besar

tentu kita tahu jika harddisk berformat GPT mempunyai limit kapasitas penyimpanan yang sangat, hingga 9.2 ZB jauh lebih besar daripada MBR yang hanya mempunyai limit 2.2 TB saja.

Jumlah Partisi Lebih Banyak

Jika kamu salah satu orang yang senang untuk membagi bagi ruang penyimpanan pada laptop atau komputer, tentu GPT ini menjadi pilihan terbaik untuk di gunakan di harddisk mu, karena GPT ini didukung hingga 128 partisi dalam 1 unit hardisk, berbeda jauh dengan MBR yang hanya mempunyai limit maksimal 4 partisi saja dalam 1 harddisk.

Data Tersebar dalam Sector Drive

salah satu keunggulan dari GPT lainnya ialah data yang disimpan tersebar di partisi drive, lain hal jika menggunakan MBR, data data tersbebar akan berada di satu tempat saja, hal tersebut tentu saja memberikan keuntungan bagi kita jika ada data kita yang corupt mempermudah kita dalam melakukan recovery data.

Namun dibalik kelebihan harddisk GPT seperti yang telah saya tulis diatas, ternyata masih ada pula kekurangan dari harddisk GPT tersebut, salah satunya pada saat melakukan instalasi windows di harddisk GPT.

menginstall windows di harddisk GPT tentu berbeda dengan mengintsall windows di harddisk MBR , hal tersebut sempat saya alami pada saat menginstall windows 10 di laptop asus E202S karena harddisk berformat GPT. Kamu akan menemukan pesan error seperti dibawah ini dan instalasi windows tidak bisa dilanjutkan. Tentu memusingkan bukan ?

Pesan Error drive GPT saat akan dipartisi
tapi kamu tidak perlu khawatir karena error tersebut bisa diatasi dengan gampang sehingga kamu tetap bisa melakukan instalasi windows di laptop tersebut.
langkah awal yang harus kamu lakukan ialah membuat ulang file installer windows 10 nya menggunakan rufus terbaru, disini saya menggunakan rufus versi 3.1. Untuk langkah-langkahnya kamu bisa melihat tutorial dibawah ini
langkah-langkah buat usb bootable untuk drive gpt
pertama tama tancapkan flashdisk ke port usb, pastikan flashdisk terdeteksi oleh software rufus seperti gambar diatas, pilih menu select untuk memasukkan ISO file windowsnya ke rufus.
langkah-langkah buat usb bootable untuk drive gpt
setelah file iso windows dimasukkan, pilih partition scheme nya menjadi GPT, target System nya UEFI non CSM lalu pilih file systemnya FAT32 karena biasanya pada partisi MBR kita menggunakan format NTFS, untuk partisi GPT ini menggunakan format FAT32, sepert i gambar diatas, lalu klik start
langkah-langkah buat usb bootable untuk drive gpt
pilih OK untuk memformat ulang flashdisk dan melanjutkan proses pembuatan USB bootable windows nya.
langkah-langkah buat usb bootable untuk drive gpt
Tunggu proses sampai selesai, setelah selesai kamu tinggal klik tombol close dan flash disk siap untuk digunakan menginstall windows 10 di harddisk GPT
Kalau kamu sudah selesai membuat USB bootabelnya, kigin saatnya melakukan konfigurasi pada bios agar nanti tidak mengalami kegagalan saat melakukan install windows 10 nya.
masuk ke bios pada laptop mu, kamu bisa menekan tombol F2 atau Delete ( defaultnya), untuk merk laptop Lenovo dan Notebook HP atau Compaq kamu bisa melihat artikel saya mengenai cara masuk ke bios laptop lenovo dan juga cara masuk bios notebook HP.
setelah bisa masuk ke bios, cari konfigurasi mengenai CSM, jika sudah ketemu disablekan fitur tersebut, karena kita mensetting fitur “UEFI (non-CSM)” pada rufusnya. bila di notebook asus E202S terdapat di menu Boot. Setelah terdisable, simpan konfigurasinya dengan menekan tombol F10 lalu pilih OK, nanti akan restart sendiri dan kamu dapat melakukan instalasi windows seperti biasanya.

Kesimpulan

Informasi diatas merupakan langkah langkah untuk Install Windows 10 pada Harddisk GPT tanpa harus Format Ulang Semua Harddisk pada Laptop, cara tersebut telah saya coba dan berhasil 100% untuk diterapkan di laptop yang mempunyai system partisi GPT pada drivenya. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here